Minangkabau (Sumatera Barat) dalam incaran Salibiyah (pemurtadan)

1. BEBERAPA DATA POKOK (tahun 2005) TENTANG
GERAKAN KRISTENISASI DI MINANGKABAU.

2. MENYAYAT HATI DAN MENCIDERAI HARGA DIRI
ORANG SUKU BANGSA MINANGKABAU.
____________________________________________

1. Sudah ada 30-an orang lebih Pendeta Kristen orang ASLI MINANGKABAU. Diantaranya, kita sebut empat orang saja, sebagai berikut:

i. Pdt. AKMAL SANI, asal Kotobaru Pangkalan, Payakumbuh.
Dia tokoh dibalik INJIL berbahasa Minang. Pendiri dan Ketua PKSB, yaitu: Persekutuan Kristen Sumatera Barat.

ii. Pdt. YANUARDI KOTO, asal Lubukbasung, AGAM.
Ketua YAYASAN SUMATERA BARAT berkantor di Jakarta, sebagai lembaga pencari dana dari Luar Negeri dan pengartur MISI/ manajemen pemurtadan. Tokoh yang berada di balik PERISTIWA WAWAH pada tahun 2001. Wawah putri Minang usia 18 tahun, Siswi MAN 2 Padang, diculik, dibius, diperkosa lalu dibaptis.

iii. Pdt. SYOFYAN, asal LINTAU, Batusangkar, Tanah Datar. Pimpinan Sekolah Tinggi Teologia (STT) milik *DWM* Amerika, berada di desa terpencil di bilangan Majalengka, Jawa Barat. Merupakan pusat pendidkan dan pembinaan Pendeta untuk Minangkabau abad ke 21. Paling tidak (DATA 2005) sudah 623 orang anak Minang yang sudah dikristenkan sejak tahun 2000. Mereka disebar di Pulau Jawa, diasramakan, disekolahkan, dikuliahkan, dimodali berdagang, dihidupi, dst.

iv. Pdt. MARDJOHAN RASYID, asal Sawahlunto. Pimpinan PKSB, yaitu: Persekutuan Kristen Sumatera Barat.
___________________________________

2. Pemurtadan atau kristenisasi di Sumatera Barat itu menurut Prof Dr M Din Syamsuddin, Sekjen DPP MUI Pusat, yang juga Ketua Umum PP Muhammadiyah, — bahwa Sumatera Barat menduduki tempat PERTAMA sebagai PENYUMBANG terbanyak para MURTADIN di Indonesia; dan sesudahnya baru: Jawa Barat, Banten, dan Lampung. Pernyataan itu disebut Pak Din Syamsuddin tatkala acara HALAL BI HALAL di Gedung Bagindo Aziz Chan, Padang, pada hari Sabtu tanggal 18 Desember 2004/ 1424 H.

3. Dari 500 orang Minang yang murtad itu (data 2005), termasuk di Jabodetabek, satunya bernama ANITA, mahasiswi IPB Bogor, asal Batusangkar. Terkejutnya kita, bahwa adalah Anita yang lahir dan besar serta tinggal dengan keluarganya di Jakarta itu tak lain CUCU KANDUNG seorang ulama NASIONAL, dan Wakil Ketua PP Muhammadiyah tahun 1960-1985.

4. KASUS WAWAH tahun 2001.
Kita tak akan lupa dengan KASUS WAWAH. Adalah Wawah, putri belia cantik 18 tahun, Siswi MAN 2 Padang itu diculik, dibius, DIPERKOSA, dan dbaptis !! Wawah dikurung di SMA KALAM KUDUS Padang. Lalu dibawa ke Salatiga, Jawa Tengah; dan kemudian ke Malang, Jawa Timur. Dapat dibaca koran: PADANG EKSPRES, 3 April 2001.

5. Kita tak akan lupa, ada 123 orang anak miskin dari pedalaman Minangkabau, dengan iming2 hidup yang sejahtera, disekolahkan, dst., lalu dibawa dengan kapal laut ke Pulau Jawa. Artinya dari data tahun 2005 (lha, 7 tahun yl), sudah ada 623 orang CALON2 Pendeta dan Pembantu Pendeta untuk Minangkabau pada abad ke 21 ini.

6. KASUS PERKOSAAN OLEH DOKTER TerHADAP PASIEN putri belia Minang di RS Yos Sudarso, Padang. Dokter akan bertanggung-jawab kalok si pasien mau masuk kristen. Lha si pasien mauuu !!!

7. Salah satu lembaga ZENDING/ Misionaris ASING yang bekerja untuk proyek kristenisasi di Indonesia bernama *DOULOS WORLD MISSION* (= DWM) yang berpusat di Amerika Serikat.

8. DWM merancang gerakannya yang mereka namakan sebagai PROYEK JERICHO 2000 (untuk Indonesia). Untuk Sumatera mereka menyebut PROYEK ANDALAS.

9. Ada ratusan kasus kristenisasi di Sumatera Barat. Kasus2 itu SANGAT MENYAYAT HATI dan MENCIDERAI HARGA DIRI ORANG SUKU BANGSA MINANGKABAU..!!
__________________________________________________________

Telah banyak buku2 yang membicarakan tentang gerakan kristenisasi atau pemurtadan di Minangkabau atau Sumatera Barat. Satunya adalah buku berikut:

RANAH MINANG DI TENGAH CENGKERAMAN KRISTENISASI

Pangarang: Bakhtiar – Nurman Agus — Murisal.
Penerbit: PT Bumi Aksara bekerjasama dengan
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat.
Kata Pengantar: Dr Mochtar Naim dan DPW MUI Sumbar.
Tahun terbit: Cetakan pertama, — 2005.
__

Untuk mendapatkan/ membeli buku, dapat dihubungi:
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat,
Jalan Bundokanduang No.1. Padang.

C.P.:
1. Bapak HRB Khatib Pahlawan Kayo — Hp. 0812 6764 966
2. Bapak HA Adrian Muis — Hp. 0812 6718 418
3. Bapak HA Syahruji Tanjung — Hp. 0812 8035 822
______________________________________________

## GERAKAN ATEIS MINANG ITU KRISTEN !! ##.
________________________________________________
1. GERAKAN ATEIS MINANG corong nya THE JUSFIQ HADJAR GANG, yang diketuai oleh JusfiQ Hadjar Sutan Maradjo LelO yang mukim di Leiden Negeri Belanda, — adalah kaki tangan asing dalam upaya PERMURTADAN atau KRISTENISASI masyarakat Suku Bangsa Minangkabau, baik yang tinggal di kampuang halaman RANAH Minangabau atau Provinsi Sumatera Barat (5 Juta orang), maupun yang mukim di PERANTAUAN yang mereka menyebar di pelosOk Nusantara, pula Mancanegara (10 Juta orang). Jadi, Orang Suku Bangsa Minangkabau itu SAAT INI berjumlah 15 JUTA ORANG.

2. ATEIS hanya sebagai kedok. ASLI -nya KRISTEN..!!

3. JusfiQ Hadjar gelar SUTAN MARADJO LELO coba melakukan dua hal secara SIMULTAN/ serentak:

PERTAMA:
Gerakan atau upaya PENDANGKALAN AQIDA ISLAMIYYA (keimanan/ kepercayaan Islam) ummat ISLAM Minangkabau, terutama kaum Belia Generasi Muda Minangkabau, dan serentak sebagai LANGKAH *PEMBUKA JALAN* bagi gerakan Kristenisasi asing di IndOnesia, khususnya di Provinsi Sumatera Barat. Salah satu funding/ penyandang dana adalah lembaga Zending/ Missionaris *DOULOS WORLD MISSION* (DWM) yang berpusat di Amerika Serikat. Pula lembaga yang serupa di Eropa sana.

KEDUA:
Page Ateis Minang dan gerakan2 yang mengikuti, a.l. KINI hadir Page/ Group JARINGAN ATEIS MINANG (JAM), — adalah merupakan “tampek mancari pitih” (tempat mencari uang), atau lembaga yang dijadikan alat pengumpul dana dari ‘funding’2/ penyandang2 dana, tak saja untuk memenuhi biaya gerakan, pula biaya hidup para THE JUSFIQ HADJAR GANG itu.

4. Jadi semakin mengerti lah KITA bahwa THE JUSFIQ HADJAR GANG tak akan bakal berani menghina agama KRISTEN, baik Kristen Katolik Roma, maupun Kristen Protestan. Lha wong TITIK SASAR -nya adalah ISLAM dan MINANGKABAU atau Provinsi Sumatera Barat yang penduduknya memeluk AGAMA ISLAM..!!

___________________________________________________

1. ALEX AAN AKAN BEBAS !!

2. SELAMAT DATANG *GERAKAN ATEIS MINANG* DI INDONESIA
PADA DEKADE KEDUA (tahun 2012) ABAD KE 21 INI !!

3. => (SEPULUH BUTIR PERNYATAAN KITA MUSLIM MINANG)
___________________________________________________

Hadirnya JARINGAN ATEIS MINANG (JAM) — setelah page Ateis Minang ini — yang anggotanya langsung banyak itu, dan lalu di PROMOSIKAN pada saat2 PUNCAK perlawanan kita Muslim Minangkabau kepada mereka, menimbulkan banyak TANYA.TERNYATA:

@PERTAMA:
GERAKAN ATEIS MINANG itu *sangat* serius dengan gerakan mereka.

@KEDUA:
Sebagai UJIAN:

1. UJIAN KEPADA Pengadilan Negeri Kabupaten Dharmasraya di MuarO Sijunjung itu.

2. Ujian kepada AJUN KOMISARIS BESAR POLISI (AKBP) CHAIRUL AZIZ, sebagai Kepala Kepolisian RI Resor (KAPOLRES) Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

3. Ujian kepada JAKSA PENUNTUT UMUM (JPU) — aku ‘sengaja’ kagak akan sebut nama beliau2 — serta Kejaksaan Negeri Dharmasraya, Sumatera Barat.

4. Ujian kepada Pimpinan MUI, Majelis Ulama Indonesia, Provinsi Sumatera Barat.

5. Ujian kepada Pimpinan LKAAM, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau, Sumatera Barat.

6. Ujian kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Tingkat I dan II Se Sumatera Barat.

7. Ujian kepada Masyarakat Madani, atau Masyarakat Sipil — CIVIL SOCIETY — seperti DDII, Muhammadiyah, ICMI, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumatera Barat dan Lembaga2 Advocat yang ada, PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA (PWI) Sumatera Barat dengan jajarannya, MEDIA MASSA (cetak dan elektronik), di Sumatera Barat.

8. Ujian kepada Oom-ku PROF DR HAJI IRWAN PRAYITNO gelar DATUAK RAJO BANDARO BASA sebagai GUBERNUR PROVINSI SUMATERA BARAT.

9. Ujian kepada Bapak HAJI IRMAN GUSMAN, MBA,, — yang beliau SENATOR asal Sumatera Barat yang sekaligus sebagai KETUA SENAT RI atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

@KETIGA:
Bahwa masalah ini (menjadi) masalah internasional iiyaaa..!!
Kita semua sepakat !!

@KEEMPAT:
Kalau pengadilan ini berujung kepada PEMBEBASAN ALEX AAN, maka tamatlah sudah PERJUANGAN dan IBADAH SOSIAL yang kita lakukan dalam setahun terakhir — UNTUK MEMBERIKAN PERLAWANAN — di page ATEIS MINANG ini.

@KELIMA:
ALEX AAN BEBAS ??
Maka kita serentak berucap::
# SELAMAT DATANG *GERAKAN ATEIS MINANG* di INDONESIA !!

@KEENAM:
Sebagai putri BELIA MINANG, aku hanya PASRAH & MENANGIS !!
TAPI aku yakin dengan Allah yang berfirman: Tatkala kita MENOLONG agamaNYA, maka Allah SWT akan menolong KITA.

@KETUJUH:
Jadi ingat apa yang menjadi *TESIS* LEOPOLD WEISS, seorang ORIENTALIS Eropa — yang terkenal itu — yang memeluk agama ISLAM dengan RIANG dan memakai nama baru MOHAMMAD ASSAD itu, halmana pernah menyebut dalam bukunya ROAD TO MECCA (1979).

@KEDELAPAN:
Kata Leopod Weiss alias MOHAMMAD ASSAD:
i. Bahwa kalok tak hati-hati, kalok umat Islam tak berpegang kepada konsep-konsep/ ajaran-ajaran Tuhan dalam al-Qur’an al-Karim untuk menata DUNIA ini, maka ummat Islam akan HANCUR.ii. Islam memang tak akan hilang dari MUKA BUMI ini. Tapi Agama Islam bakal hilang dan lenyap dari wilayah dan negara Anda.

@KESEMBILAN:
Seturut dengan LEOPOLD WEISS alias MOHAMMAD ASSAD itu, aku yakin, ISLAM TAK AKAN PERNAH HILANG DARI MUKA BUMI.
# TAPI (pada waktunya, 30 atau 75 tahun yang akan datang) AGAMA ISLAM AKAN LENYAP DAN HILANG DARI WILAYAH MINANGKABAU.

@KESEPULUH:
Minangkabau yang INDAH,
Minangkabau yang PERMAI,
Minangkabau yang ELOK,
Minangkabau yang BERBUDAYA TINGGI,
Minangkabau yang BERAGAMA ISLAM,
Minangkabau yang merupakan TANAH LELUHUR (motherland) -ku,,
# Memang SANGAT MANIS untuk DIHANCURKAN !!

______________________________________.
INYIK JUSFiQ HADJAR SUTAN MARADJO LELO

DAN *THE JUSFIQ HADJAR GANG*
______________________________________
Sekedar tambahan tentang Inyik kita JusfiQ Hadjar Sutan Maradjo LelO.

1. JUSFIQ HADJAR SUTAN MARADJO LELO, kelahiran tahun 1940 (usia 72 tahun), asal Cingkariang, Sungaipua, Bukittinggi. Tahun 1963 dalam usia 33 tahun beroleh besasiswa dari Presiden Sukarno dan DN Aidit (Waperdam RI), dan Ketua CC PKI. Bersamaan dengan mahasiswa lain yang dikirim ke Eropa Barat dan Eropa Timur, juga Sovyet Rusia. Pula RRT (Republik Rakyat Tiongkok).

2. Inyik JusfiQ kuliah disebuah Universitas di Paris Prancis, Tapi DO (drop oput). Konon tak beroleh gelar Doktor (PhD). Akhirnya menjadi pengangguran dan frustrasi atau kecewa. Paris yang kota megapolitan seperti kita tahu memerlukan biaya hidup yang tinggi, bukankah disana serba mahal?

3. Konon untuk biaya hidup di Paris itu, Sang Inyik kita JusfiQ Hadjar itu aktiv di NGO’s/ LSM2 KIRI. Melanglangbua ke seantero Eropa untuk melakukan kegiatannya sebagai aktivis kiri itu.

4. Terakhir beliau mukim di Leiden dengan isteri (?) nya MARLENE VAN DORN, pegawai LEPAS Universiteit LEIDEN, Negeri Belanda.

5. Lha sebagai AKTIVIS KIRI, dan kaitannya dengan ‘booming’ nya ‘internet’ pada tahun 2011, beliau sangat aktiv di Diunia Maya. Sebagaimana kita tahu, beliau aktiv dan membuka serentak memimpin page/ group PROLETAR dengan teman2nya yang seide yang asal Sumatera Barat/ Minang.

6. Pada tanggal 1 JUNI 2001 lahirlah GERAKAN ATEIS MINANG yang beliau pimpin. Corongnya page ATEIS MINANG, page/ group ATEIS MINANGKABAU, dan (sekarang, baru lahir) page/ group JARINGAN ATEIS MINANG (JAM), Yang anehnya anggota JAM itu langsung menjadi banyak.

7. Organisasinya sering disebut sebagai *THE JUSFIQ HADJAR GANG*. Kaki tangannya di Indonesia dan Sumatera Barat — sekedar menyebut beberapa nama — adalah ‘orang2′ yang menamakan dirinya:

i. IMAM BONJOL alias ZAL BATAM alias ‘Ateis Minang’.

ii. DHA THUTU, pendiri/ admin page JARINGAN ATEIS MINANG.

iii. ALEXANDER AAN, PNS Bappeda Dharmasraya yang sekarang sedang disidang di Pengadilan Negeri MuarO, Sijunjung.

iv. TOMMY CHANIAGO, alias Deni Ajah, alias ULAMA MINANG.

v. Dan banyak lagi.
______

Moga tambahan pOst ini memberikan CLARITY atau kejelasan atas pembuatan/ pemuatan pOst2 aku di page kita ini.

Mohon MAAF,, dan moga bermanfaat..
__________________________
SALAM MINANGKABAU..!!
___________________________
Hillary Lenggo-Geni
~ Aussie.

About these ads

91 comments on “Minangkabau (Sumatera Barat) dalam incaran Salibiyah (pemurtadan)

  1. yudi fernando mengatakan:

    kolo bisa kita BC jg ksemua kawan2n d contact BBM

  2. Ferry Peace mengatakan:

    Gempa dipadang adalah moment bagi kristenisasi di sumbar, saya pernah lihat viedio bagi2 uang dan nyanyi injil di salah satu pelosok pariaman sebagai tempatnya, sayang ngak sempat disimpan sebagai bukti, ^-^
    Salam damai selalu ^-^

  3. Algusing mengatakan:

    Saya juga sudah masuk kedalam fb Atheis Minang dulunya, dan langsung bentrok dengan si gaek Jusfiq Hadjar. Tapi akhirnya saya diblokir oleh Jusfiq… Ketika muncul grup Jaringan Atheis Minang, saya juga dimasukkan oleh kawan kedalam grup itu… Sempat bentrok dengan Zal Batam, kemudian dengan Sutan Marajo Lelo (Jusfiq)… Ujung2nya, saya kembali diblokir oleh Jusfiq… Ternyata admin semua page/group Atheis Minang itu adalah Jusfiq… Dan memang benar bahwa mereka hanya fokus menyerang Islam dan adat Minangkabau…

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Benar sekali ….

    • minang nan dulunyo maibau imbau mengatakan:

      Untuk jagoanku yang suka bentrok:
      Semua orang jelas mengagungkan agamanya dan alirannya masing-masing, menganggap orang lain sesat,toghut, dan berupaya secara heroik melindungi kaumnya secara over protectif yang celakanya akan membuat terlihat tidak menarik karena hanya menanamkan kefanatikan dan menjelek2kan orang lain, mari berfikir positif, saya saat ini sedang hidup di Jepang, sering terjadi dialog antara saya dengan orang jepang yang tidak mengerti agama, mereka menganggap ritual keagamaan merupakan sesuatu “atraksi”, namun lebih jauh dari itu pola hidup mereka lebih baik dari saya yang memiliki agama dan menganggap diri saya lebih baik dari mereka, saya sering malu ketika perbuatan saya tidak lebih baik dari mereka, prinsip mereka setiap orang punya privasi, jangan ganggu orang lain (pribadi), sangat berbeda dgn di ranah minang dan indonesia yang sangat berfikir secara kelompok. Dari segi apapun mereka lebih dari saya.. saya mulai berfikir bahwa perbuatan mengelompokan diri merupakan upaya dari ketidak tahuan dan kekurangan ilmu pengetahuan, ketakutan karena tidak mampu… sehingga yang dilakukan hanyalah menyebar doktrin2 bagi kelompoknya.. di ranah minang ada doktrin ” adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”, mulai kapan ini ada? bukankah ini merupakan suatu bentuk pengakuan kekalahan kaum adat terhadap kaum agama?.. ini seharusnya merupakan domain sejarah.. namun seringkali sejarah tidak disampaikan.. sehingga menjadi doktrin yang monoton dan lama-kelamaan dalam interaksi yang lebih luas (dulu belajar di surau, sekarang disekolah bahkan sampai ke luar daerah bahkan ke luar negri).. ini akan menjadi basi.. kita harus berkaca, jangan2 nenek moyang saya adalah kaum adat yang menentang kaum agama.. toh mereka tetap dibiarkan hidup dan sangat mungkin memperanakan kita… menurut hemat saya tanamkanlah moral yang benar dalam individu bukan fanatisme yang semu, saatnya kita berdampingan,
      Hal yang menarik menanggapi kaum charitas.. mereka bernyanyi dalam gempa di sumbar.. disini terlihat kita bagai katak dalam tempurung,,, bukankah kita kenal pepatah lain lubuak lain ikan, lain ladang lain ilalang.. mereka mencoba menghibur kita teman.. mereka berdoa pada Tuhannya.. untuk menguatkan kita.. dengan cara mereka (kalau ndak mangarati: charitas tu hiduik di kolam nan bedo jo awak anggaplahnyo ikan koi, awak ikan mujaia.. ikan mujaia sadang sansai.. datanglah ikan koi ko menghibur.. bahaso lah babedo.. ka mangecek ndak tantu a nan kadikecekannyo.. tu dipakainyolah adaik si ikan koi untuak manghibur’
      “Katanya kita bangsa yang tau berterima kasih… mana buktinya.. Tsunami Aceh.. yang nolong banyak dari luar negeri, gempa sumbar juga sama.. Mana rasa terimakasihmu???? silahkan cek di Youtube.. setelah gempa dan tsunami Jepang banyak video yang dibuat untuk mengucapkan terimakasih kepada dermawan yang membuat kita ikut menitikan air mata.. Indonesia?????? Malah diisukan kristenisasi.. coba berfikir secara sehat… dan objektif…

      ada ucapan terima kasih untuk indonesia di menit 3:50 http://www.youtube.com/watch?v=S97B7R0079U

      ada siswi berjilbab.. dan mereka tidak menganggap itu islamisasi.. ucapan terima kasih dari aceh dan sumbar mana ya.. labiah taratik urang nan ndak ngarati agamo dari pado urang nan maraso suci… tundukan hati kita semua….
      XXX

      • Dirwan mengatakan:

        Sdr Minang nan dulunyo maimbau-imbau yth. Ebiet G Ade dalam senandungnya menyampaikan “kita mesti telanjang, dan benar2 bersih, suci lahir dan didalam bathin” dst. Saya sarankan kalau memberikan komentar sebaiknya tidak memakai nama samaran spy nampak bertanggung-jawab dan jantan seperti orang Jepang. Ini seperti surat kaleng jdnya. Tksh

  4. joe pc mengatakan:

    astagfirullah…

  5. agustina mengatakan:

    sy rasa salah satu penyebabnya adlh kepedulian urg minang sesama sdh sgt berkurang…sifat mereka makin individul…krn membawa budaya kota kekampung…dan sifat materialistis yg sdh mengakar…pitih yes…agama..ntar dulu….

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Mari kita jaga bersama, karena sebenarnya Minangkabau itu adalah salah satu puncak dari puncak budaya Nasional … uniknya yang dimaksud orang Minangkabau hanyalah yang beragama Islam saja … Makanya “pitih .. yes” yang merusak itu sekarang, pada hal selama ini orang Minang juga mencari “pitih” namun tidak sempat menjual agama dan adat istiadatnya … ini pergeseran yang perlu diawasi … Terimakasih komennya … Wassalam

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Tiada jalan lain kecuali perkuat agama Islam itu dalam masyarakat Minangkabau .. Karena budaya adat istiadat Minangkabau itu terikat kuat dengan ajara Islam … ketika Islam dijauhi maka budaya Minang itu akan hancur … Kita dapat mengatakan bahwa budaya Minang adalah budaya kehidupan beragama dengan agama Islam …. Mohon maaf … Wassalam

    • meggi mengatakan:

      fenomena yg sama saya rasakan. mata uang itu utama, saat ini amat individual. sepertinya di minang regenerasi sbg ulama’ makin kurang. faktor berkurangnya minat pada pendidikan agama, yakni pendidikan Islam.

  6. humairah mengatakan:

    terimakasih, mari kita tingkatkan kepedulian.

  7. alfarabi zen mengatakan:

    assalamualaikum wrb ayahanda Masoed Abidin…..tepo saliro kecek rang jawa,barek samo dipikua ringan samo dijinjiang,tolong manolong itu nan indak ado di masarakat kito…cemeeh nan banyak,jikok bansaik jd buah bibir,kok kayo di sanjuan-sanjuang,apo lai nan jatuah tapai…jan kan urang langau sajo tak inggok…ulah sajangka paruik nan litak,iman lah hilang dek sabungkuih indomie

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Wa alaikum salam ananda Alfarabi Zen … Memang ada sikap yang buruk itu pada sebagiannya … Tetapi janganlah dipukul rata … Kalaupun saat zaman ini banyak kelakuan seperti yang ananda sebutkan itu, maka sesungguhnya itu adalah satu pertanda bahwa sopansantun Minangkabau yang baik itu mulai ditinggalkan … Bila itu terjadi maka ananda akan melihat kenyataan bahwa “nagari Minangkabau” masih ada. Hanya saja “orang Minangkabau” habis. Perlu dipahami bahwa ciri khas orang Minangkabau itu adalah ; (1). Mereka BERAGAMA dengan agama ISLAM, dan (2). Mereka BERADAT dengan ABSSBK yakni adatnya sesuai dengan Adat Bersendikan kepada Syariat (yakni sesuai tuntunan agama ISLAM) dan syariatnya itu berdasar kepada Kitabullah yakni ALQURAN … (3). Mereka bersopan santun TAU DI NAN AMPEK yang diambil dari ajaran AKLAQUL KARIMAH sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW … Itulah sebenarnya tanda tanda “orang Minang” … Mungkin ini tidak bersua lagi … Maka yang hilang itu adalah orang Minang bukan adat budaya Minang … Mohon maaf Buya jawab agak panjang juga … Semoga kita sehat dan baik selalu … Amin … Wassalam

      • Koko mengatakan:

        Setuju Buya…
        Saya bkn muslim,berusaha melihat permaslahan dgn kacamata yg benar,jika ada keburukan” seperti yg disebutkan diatas itu adalah oknum,jgn” ada yg g ngerti oknum itu apa? Jgn di generalisasi/pukul rata..melihat byk komen” diatas,jd muncul pertanyaan,apa selama ini sodara” hidup bermasyarakat,membaur? Negara RI di kenal dr dahulu dgn negara yg ragam suku,budaya,agama…jgnlah hanya provokasi murahan memecahkan bangsa,di pelajari kebenarannya dahulu dan itu bkn hal mudah utk di lakukan perorangan krn byk saya liat komen” perorangan yg entah kebenarannya dpt dipertanggungjawabkan apa tidak

      • Nissa Jannetty mengatakan:

        Yth. Buya Masoed Abidin, tidakkah masalah warisan di minangkabau sedikit bertentangan dengan hukum waris yg ada di dalam Islam? Bukankah dalam syariat Islam, orang yang mencuri harus dipotong tanggannya dan orang yang berzina harus dirajam? Tetapi di Minang Kabau kalo orang mencuri tetap saja masuk penjara dan orang yang ketahuan berzina malah dinikahkan? apakah ini sesuai dengan syariat Islam? Mhn Maaf dan wassalam…

      • Buya Masoed Abidin mengatakan:

        Sama sekali tidak …
        Sebab warisan hasil pendapatan pernikahan ibu dan bapak tetap dibagi menurut hukum waris atau faraidh … namanya warisan itu “harta pusaka rendah” ….
        Yang tidak boleh dibagi atau di petaruhkan kepada keluarga ibu atau saudara saudara perempuan kita (suku kita) adalah harta pusaka tinggi yang diterima turun temurun dan tidak pula jelas asal usulnya … dari nenek ke nenek ke nenek baru turun ke ibu kita umpamanya … nah harta yang sedemikian di dalam agamapun tidak boleh dibagi bagi haanya boleh dijaga sebagai milik kolektif kaum …. Terimakasih Wassalam

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Wa alaikum salam wa Rahmatullahi wa barakatuh … Ananda Alfarabi Zen … maka tiada lain kekuatan yang kita miliki hanyalah menerapkan sikap s a b a r serta selalu
      b e r t a w a k k a l kepada Allah Azza wa Jalla …. Moga kita semua selalu berada dalam bimbingan hidayah NYA …. Wassalam
      Buya HMA

      • alfarabi zen mengatakan:

        assalamualaikum Ayanda Masoed Abidin semoga Allah melindungi ayahanda,ada kekecewaan saya,ketika saya mengajak seorang wanita ( sekarang sudah menjadi istri ) yang ingin menyatakan kembali keasal,balik kepangkuan Islam,karna dulunya menikah dan bertukar akidah.Dia ingin di Islamkan diranah minang,dan saya bawa ke pondok pasantren (jika saya sebutkan pastilah ayahnda tau nama pasantren nya bahkan pimpinan teras nya ),namun berbagai persolan yg terlalu rumit bahkan menanyakan uang,minta uang ini yg buat saya jengkel.Pada hal beliau-beliau ini merupakan guru2 saya,namun biarlah dua kalimah sahadat yang diucapkan istri saya itu berlangsung dihadapan penghulu.Mohon doa nya dari ayahanda semoga anak2 yg dibawa oleh istri saya dibukakan pintu hidayah nya agar masuk kedalam dinul Islam,agama yg diridhai Allah swt.

      • Buya Masoed Abidin mengatakan:

        Tak ada uang untuk syahadah … jika minta uang berarti tak ngerti lho apa itu syahadah … kenapa tak datang saja ke Al Munawwarah … selesai sudah … Moga Allah senantiasa memberkahi keluarga ananda dunia dan akhirat … Amin … makasih ananda … Wassalam

      • zulfirman sikumbang mengatakan:

        Aminnn…………….

    • ALAM mengatakan:

      ADAT BASANDI SYARAK. SYARAK BASANDI KITABULLAH.
      KITABULLAH ADA 4 YAITU AL QUR’AN, INJIL, TAURAT, ZABUR.
      MAKA MOHON KIRONYO DIUBAH MANJADI ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI ALQUR’AN JO SUNNAH.
      BIA JAAN ADO PULO URANG KRISTEN MANGATOAN INJILTU KITABULAH JUOMAH.
      MAKO APABILO ADO URTANG MINANG MASUAK KRISTEN, DIBUANG DARI URANG MINANG MANJADI URANG INDAK BASUKU.

      • irvooktaviandiI mengatakan:

        Batua bana kecek Pak ALAM tu mah, tapi manuruik ambo dan nan pernah didanga jo dipalajari. KITABULLAH tu mmg 4 saroman jo nan diateh… Intisari dari kitab2 nan 3 tadaulu dirangkumlah dek ALLAH SWT ka dalam ALQURAN…
        Urang asli minang tu mmg ndk ado nan non-muslim… kalaupun mmg ado kini nan lah batuka Aqidah adolah karano rapuahnyo kaimanan didalam dado dan babagai macam sabab jo akibaik.
        Hal-hal nan manyangkuik Aqidah adolah tangguang jawab :
        1. kito msg2 kpd ALLAH SWT
        2. Ortu
        3. Niniak mamak
        4. Alim ulama
        5. Urang kampuang
        6. sasamo urg islam

        Kalau dunsanak sadonyo nan masih mamacik arek ganggam taguah ISLAM didado jo picayo kpd ALLAH SWT. Makonyo pakuaiklah ama ibadah dan jago diri, keluarga dan patenggangkan urang kampuang jo urang islam dima sajo barado. JAN TAKICUAH DI NAN TARANG JUO LAI

      • muhammad harafi mengatakan:

        setuju dengan usulan yang dismapaikan oleh bg alam,demi terjaganya agama kita,ke sucian kampung kita,sya rasa itu adalah langkah yang baik yg hrus di lkukan oleh pimpinan minang bersama para alim ulama lainnya,namun saya yakin para alim ulama minang pun pasti pnya cara untuk mengatasi permasalahan ini, semoga kita mendapatkan apa yg kita inginkan n dijauhkan dari sesuatu yang tidak kita inginkan…

      • zulfirman sikumbang mengatakan:

        Mantap………………………

  8. Pencari kedamaian mengatakan:

    Tindakan mereka benar benar nyata…
    Bahkan di daerah pes.selatan
    terdapat sebuah gereja berkedok rumah tinggal….

  9. Buya Masoed Abidin mengatakan:

    Alaikum salam … Tidak Hamid … data ini benar dan valid Insyaallah … ada tim pemantau yang independen kok … Makasih … Wassalam

  10. irwan mengatakan:

    kami juga mendapat informasi bahwa ada bantuan untuk bangunan rumah tinggal di daerah pariaman dari CHARITAS (misionaris) kami hanya mengingatkan agar lebih berhati2 dan selektif kalau menerima bantuan, dan kami juga memerlukan info lebbih jelas apa sebenarnya charitas ?

  11. Ridwan Alfansuri mengatakan:

    Ada baiknya kita membuat suatu putusan yg dapat memagari Nagari Minang dari Rencana2 buruk seperti itu, dengan cara Membuat PERDA nya, Kep.Gubernur dll ..

  12. Orang Minang mengatakan:

    Awak ado kawan di bandung keturunan minang. Mama nyo minang asli dan awak takajuik kalau Mama nyo kristen dan rupo nyo murtad dek kawin samo beda agama jo laki nyo. Otomatis anak nyo kristen lo.

    Sabana miris mancaliak kondisi minang kini. Sabagai anak mudo yo cuma baharok jan hanyo manunggu dai, ustad atau niniak mamak yang bertindak dan mandidiak kamanakan tapi awak basamo lah yang mandidiak umat. Supayo kuek iman nyo dan kuek akhlak nyo.

    Kalau bukan dari awak sia lai. Untuk anak cucu awak juo dan agama allah juo.

    Salam Minangkabau

  13. ibnu mengatakan:

    Tangkap orang minang yang ga ngaku mereka yang beragama islam

  14. satriadi mengatakan:

    aslkm wr wb
    di batam lah banyak urang awak pindah agamo aa baa caro nyo go buya

    • Buya Masoed Abidin mengatakan:

      Buek di Batam tu barisan Parik Paga Nagari dunsanak Satriadi … dipasamokan ma adoki nyo jo Ikatan Keluarga Minang nan ado di Batam tu … Wassalam

      • satria mengatakan:

        yo buya laii lah magecek 2ambo jo nan tuo 2urang awak di batam ko tapi masuk kida
        kalua suok ajo nyo buya dek karano banyak kini ko nan tau di pith ka pith ajo nan minang yo lah agak kurang di urang ko buya

  15. nan penting bagi kito urang nan masih bisa disabuik sabagai urang minang ( islam ) marilah kito tingkekkan katakwaan dan kaimanan kito sarato anak cucu kpd ALLAH SWT dan ilmu pangatahuan, maju dan runtuahnyo suatu bangsa tagantuang daripado nan mudo-mudo. mangkonyo nan mudo jo nan kaciak2 kini tolong diagiah baka dalam bidang agamo, ilmu pangatahuan dan hal2 nan basifat positif sabalun tajun lingkuangan sosial nan labiah gadang, baik ( marantau dsb ). janlah sato2 jo hal2 nan negatif ( narkoba, free sex, baampok dsb ) karano itu adalah jurang manuju kamaksiatan dan jauah daripado syariat agamo. kebanggaan bagi umaik lain apobilo ado urang minang nan murtad. urang kampuang ambo sendiri juo ado nan lah murtad karano manikah jo padusi suku lain. camkanlah itu dan bahati2.

  16. tambahan ciek lai dari ambo, kini lah sangaik banyak urg lain nan pandai babahaso minang. jan sampai tapangaruah 100% ttg pemurtadan tsb. mano tau ado tukang propaganda lo didalamnyo dengan memanfaatkan situasi dan kondisi. bisa sajo inyo mangaku2 sabagai urg minang / tapi mungkin urg dari agamo lain nan laia jo gadang diranah minang.

  17. Toek mengatakan:

    Kami nan di rantau yo cameh mandanganyo, d tampek lain urang babondong2 masuak Islam, d t4 awak malah tabaliak,…..maa karajo MUI dan Depag Sumbar ko,….

    • ina mengatakan:

      السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكْاتُهُ♥˚*•(*)Îγα(*)•*˚ benar, ditempat lain dengar banyak Ɣªήğ menjadi mualaf koq di sumbar malah jd kebalikannya. Saya Ɣªήğ tinggal di Jakarta membaca mengenai ateis minang atau kristenisasi jd khawatir. Mohon dikasih peringatan ke Misionaris ∂ɑπ perbaiki lg org2 minangnya. Wassalam wr wb

  18. Toek mengatakan:

    di t4 lain urang ba bondong2 masuak Islam, di nagari awak baa dek tabaliak, Ibo ati awak mandanganyo,, mari kito galakka anak ketek ka surau, perkuat peran Niniak Mamak, pantau trs Misionaris,…

  19. Toek mengatakan:

    Baliak awak ko maso lalu lobiah ancak ma, perkuat peran Niniak Mamak,budayokan ka surau untuak anak2, adokan wirid pengajian untuk remaja,…

  20. STAIPIQ mengatakan:

    apo lah ko ha. ntah lai buya masud abidin bana ndak koha…

  21. Mujahidah Nagari mengatakan:

    ” Cintailah saudaramu, sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri.”

    Kok iyo sayang jo diri, jan lupo sayang jo dunsanak awak nan sa iman jo sa akidah khususnyo dan ka sia sia se umumnyo. Jan RAS jo Kalompok yang di utamokan, banyak di antaro anak-anak jalanan nan di kecek an sampah masyarakat, anak-anak yatim-piatu, Fakir Miskin nan sangaik mambutuhkan Bantuan. Karena mereka ko lah sasaran empuk Kristenisasi di kampuang awak ko. Ba a pulo kito akan manyiram hati mereka jo agamo, samantaro paruik jo kabutuhan pokok mereka se ta a niayo.

    Kebetulan awak mulai menajajaki dunia anti kristenisasi ko dari tahun 1994 sampai dengan kini ko. Sajak dokumen Rahasia dari ” Sinar Garuda Timur ” salah satu Organisasi Kristenisasi Indonesia yang berpusat di Manado

    Alah saatnyo kito bangkik baliak, mulai dari kegiatan masjid. diantaronyo, Kegiatan Remaja Masjid nan kini alah ma mudar dan buliah di katokan mamudar.dll

    Maaf kalau ado nan salah, bukan manggurui. tapiawak pun masih sadang baraja jo dunsanak nan ado disiko.

  22. Zhe Heinz mengatakan:

    selagi kita saling peduli dan selagi para pemuka kita berfungsi sebagai mana tuntunan adat dan agama… maka selama itu pula gerakan salibis bisa kita minimalisir….

  23. helmidjas hendra mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr Wb Buya, apa ada informasi tentang nama-nama dan identitas 30 orang pendeta orang Minang tersebut. Tolong diungkapkan satu persatu identitas mereka, mungkin banyak manfaatrnya diketahui oleh orsng bsnysk. Wassalam

  24. Sutan Batuah (Indra Syahbunan) mengatakan:

    Assalamu’alaikum ww

    Sabana sadiah awak mambaco tulisan dan komentar yang ado .. tantu sajo iko tidak bisa dibiarkan begitu sajo agar Islam yang sangat kito cintai di Minangkabau tidak hanya tinggal namo ….

    Manuruik pandapek ambo ado beberapa faktor utama penyebab mereka murtad :

    1. Akidah Islam mereka sangat dangkal sekali
    2. Kepedulian terhadap sesamo orang Minangkabau sudah tipis sekali/tidak ado
    3. Belum ado / tidak dilaksanakan peraturan yang manjago aqidah masyarakat minang
    4. ABSSK tinggal semboyan sajo mungkin point iko masuak ka point no 3 juo
    5. Pelaksanaan tugas Ninik Mamak dan Alim Ulama dikampuang awak belum maksimal

    Mohon maaf buya kalau komentar ambo ado yang tidak pas

  25. Rj Indo mengatakan:

    Karajoko lah lamo sabananyo,sajak jaman ulando tapi ndak ado nan brasil doh.Sampai dimanyo talok? Nan paralu ati2 selah awak jan sampai pulo dlm kluarga,paga jo ugamo islam nan kuwaik

  26. ALAM mengatakan:

    ADATBASANDI SYARAK. SYARAK BASANDI KITABULLAH.
    KITABULLAH ADA 4 YAITU AL QUR’AN, INJIL, TAURAT, ZABUR.
    MAKA MOHON KIRONYO DIUBAH MANJADI ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI ALQUR’AN JO SUNNAH.
    BIA JAAN ADO PULO URANG KRISTEN MANGATOAN INJILTU KITABULAH JUOMAH.
    MAKO APABILO ADO URTANG MINANG MASUAK KRISTEN, DIBUANG DARI URANG MINANG MANJADI URANG INDAK BASUKU.

  27. Badruddin Nur mengatakan:

    Kita harus fight. Kita harus tunjukkan bahwa ijuak lai basaga, lurah lai babatu.Sepanjang kita lakukan dengan cara yang tidak anarkis, why not. Setiap jengkal kemajuan yang kita capai, perlu kita ungkap untuk memberi semangat kepada putra/i dan urang minang yang tidak rela negerinya
    jadi sasaran pemurtadan. Saya kurang setuju kalau kita terlalu mengekspos kemajuan mereka (kaum salibis), karena dikhawatirkan akan menciutkan hati anak2 muda kita.

  28. Maria Sitompoel mengatakan:

    Bangkitkan semua elemen masyarakat Sumbar baik di rantau maupun di kampung, Tolak rencana pembangunan Rumah Sakik SLOAM di Padang

  29. Rafiandi mengatakan:

    Saya beragama Islam, tetapi saya tidak mengetahui isi Qur-an pada umur 27 tahun, seperti itulah mungkin orang-orang dari etnis minang yang telah berpindah agama.
    Saya mulai berusaha memahami seluruh isi Qur-an pada umur 27,5 tahun, dan menyusun buku pedoman muslim dari ayat-ayat Qur-an dari umur 29 tahun-46 tahun.
    Isi buku tersebut dapat dilihat di http://www.pedomanmuslim.blogspot.com, semoga buku tersebut berguna untuk menangkal kristenisasi dan ateisme.

  30. vicipratiwi mengatakan:

    oramg tua seharusmya tetap memberikan pendidikan adat kepada anak2 mereka di rumah. baik yang di kampung, nataupun yang di rantau,. karna adat basadi syara’, syara’ basandi kitabullah

  31. marza mengatakan:

    Inilah akibat sikap kita yg terlalu lemah pd mereka. Keramahan dan kebaikan kita dimanfaatkan mereka utk mengembangkan ajaran mereka

  32. epbandarosatiPitex mengatakan:

    Kembali Lagi kita harus menevaluasi fungsi Ninik Mamak, Cadiak Pandai, alim ulama dan Surau.. di Minang Kabau. INTROSPEKSI…….Kata orang sekarang.

  33. epbandarosatiPitex mengatakan:

    Kalo begini.. Maka harus dipertanyakan peranan Ninik Mamak, alim Ulama dan Cadiak Pandai di Miang Kabau.

  34. tuankurajomalano mengatakan:

    Mari kita tingkatkan aktivitas surau dan masjid di kampung2 dg pituah2 adat jo syarak guna mempertebal keimanan dan keislaman kita khususnya generasi penerus

  35. adri koto mengatakan:

    Ass. Wr. Wb. Buya !
    Salain dari pangaruah yg alah panjang leba ditarangkan, jan pulo sampai maabaikan pangaruah nan maatas namokan islam juo nan kini alah manancapkan kaki pulo di ranah nan banamo bumi minang.
    Wass. Wr. Wb.

  36. Ry-Nay mengatakan:

    Manuruik ambo nan paralu diperbaiki bana dikampuang awak tu dimano sajo adolah fungsi, kwalitas, wibawa dan kinerja dari para TTS awak (Tungku Tigo Sajarangan) karano merekalah yg memagari, melindungi dan mendidik para generasi penerus kito agar lebih beriman, bertaqwa dan mangarati jo adat istiadat.. Sedangkan untuk misi2 kristenisasi dikampuang halaman awak tu klo jaleh motifnyo, ambo raso paralu diagiah shock terapi juo para misionaris tu klo ndak inyo akan manjadi2..

  37. tuan hk mengatakan:

    Na’udzubillah …. saya kira pusat kristenisasi ada di daerah mentawai … :)

  38. suryasyam mengatakan:

    Reblogged this on Mancua Denai and commented:
    Ranah Minang akan runtuh

  39. Novilla Ayu Mustika mengatakan:

    dahulu minamgkabau penyumbang ulama-ulam besar bagi indonesia, dan tidak disangka-sangka jika sekarang negeri yang ambo cintai menjadi penyumbang para murtaddid.. nauzubillah #kembali ke surau

  40. Ajo Agam Koto mengatakan:

    Assalamualaikum..
    Kalau dalam kajian ambo iko namonyo “Gazwul Fikri” caronyo menggiring perlahan ke keluar islam, sahinggo ndak adolai perbedaan kebudayaan antaro islam dan non islam, kecuali hanyo KTP sajo… Kalau urang kristen mabuak2, islam lah biaso, apolai klw baralek, kalau urang kristen bajudi, urang awak alah malombaan pulo judi ko, kalau irang kristen ado pergaulan bebas, urang awk malu lah tipih bana, dek kebiasaan alah samo jo nan kristen, disuruah pindah agamo bana indak ka barek lai doh, sabab tradiisinyo alah sarupo.. Karano misi utamanyo adolah firman Allah dalam Albaqarah 120 “Yahudi dan Nasrani tak akan senang kepadamu, sampai mengikuti agama merekka”
    Wallahualam…
    Salam dunsanak..

  41. tika febria mengatakan:

    astaghfirullah, knpa ana gx prnah tau klo d ranah kta ad jringan sperti itu??
    sngat mmprihatinkan…

  42. […] pula faktor ekonomi, merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan oleh para […]

  43. bini kaduo mengatakan:

    semua bencana di dunia adalah bencana buatan, yaitu buatan Tuhan. apakah bencana alam itu cobaan? ga juga…..kebanyakan sebagai hukuman.

  44. Buya Masoed Abidin mengatakan:

    Kenapa harus takut … nggak takut kok … cuma beritahu anda bahwa ada kegiatan itu … anda tak peduli tak masalah kok ….

  45. minang nan dulunyo maibau imbau mengatakan:

    Katonyo ndak takuik buya..
    ambo cuma urang bodoh…
    bia lah ambo berkomentar disiko

  46. Buya Masoed Abidin mengatakan:

    Taruihlah salah tikus tangkok sen lah yo …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s