ADAIK IDUIK

Adaik dunia baleh mambaleh,

adaik tapuak jawek manjawek,

sipaik dubalang kok tapakai,

banyak rakyaik kama upek.

Biasokan anak-anak jo sumbayang,

aja batauhid sarato iman,

Santoso dunia di akhiraik juo sanang,

lapeh utang mandeh jo ayah nan ka bajalan.

Dibao ribuik dibao angin,

dibao langau dibao pikek,

barih balabeh kok tabungin,

urek tunggang namuah tabukek.

Biduak didayuang manantang ombak,

laia dikambang manantang angin,

nakodoh nan awas dikamudi,

padoman nan usah dilapehkan.

Usah tajadi .. “‘AIA GADANG SAMPAN TAK ANYUIK’.” … Akhirnya,

barangsiapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah, pasti Allah akan

memperbaiki keadaannya, pasangan hidupnya, keluarganya dan anak

turunannya.

Karena Allah Subhanahu Wata’ala berfirman : “ Barangsiapa yang bertaqwa

kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.” (QS. At-

Thalaq :2). Sairieng dengan itu Wahyu Allah menyambung dengan peringatan

berikut ; “ Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah

menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. At-Thalaq :4)

Pesan Allah ini amatlah jelas, “Bertakwalah kepada Allah Subhanahu

Wata’ala” dan “jangan gegabah dalam urusan” termasuk dalam “ber-kasih

sayang berumah tangga dan beranak pinak”..

Karena boleh jadi sesudah itu Allah akan mengadakan sesuatu yang baru.

Jika ada saran untuk mengatasi hal yang terangkum dalam menghindari

segala sesuatu yang bisa menjadi pemicu berkurangnya kasih sayang atau

berbedanya tanggung jawab kedua orang tua nya sebagaimana disebutkan

sebelumnya, maka para ulama dan tokoh masyarakat di setiap desa dan

kota, kerabat dan keluarga besar harus bekerja keras untuk mengatasi

konflik di tengah tengah rumah tangga tersebut melalui lembaga-lembaga

pendamai yang berwenang dan beranggotakan orang-orang yang disegani

dan dihormati dimasyarakatnya, dan senantiasa menjaga ibadahnya kepada

Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga setiap orang yang menghadapi

masalah seperti ini bisa memohon nasihat ke sana.

Dengan demikian diharapkan kasus-kasus ‘AIA GADANG SAMPAN TAK

ANYUIK’. semacam ini bisa berkurang, dengan izin Allah jua. Yang jelas

BERANAK TENTU TIDAK SAMA DENGAN BERTERANAK ….

Ungkapan kearifan bahasa Minangkabau ini memang memiliki pandangan

yang jauh meretas sanubari orang orang yang menghadapi masalah dalam

hidupnya.

Dibao ribuik dibao angin,

dibao langau dibao pikek,

barih balabeh kok tabungin,

urek tunggang namuah tabukek.

Karena boleh jadi sesudah itu Allah akan mengadakan sesuatu yang baru.

Jika ada saran untuk mengatasi hal yang terangkum dalam menghindari

segala sesuatu yang bisa menjadi pemicu berkurangnya kasih sayang atau

berbedanya tanggung jawab kedua orang tua nya sebagaimana disebutkan

sebelumnya, maka para ulama dan tokoh masyarakat di setiap desa dan

kota, kerabat dan keluarga besar harus bekerja keras untuk mengatasi

konflik di tengah tengah rumah tangga tersebut melalui lembaga-lembaga

pendamai yang berwenang dan beranggotakan orang-orang yang disegani

dan dihormati dimasyarakatnya, dan senantiasa menjaga ibadahnya

kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga setiap orang yang

menghadapi masalah seperti ini bisa memohon nasihat ke sana. Dengan

demikian diharapkan kasus-kasus semacam ini bisa berkurang, dengan izin

Allah jua.

Dunsanak sadono ….

Biasokan anak-anak jo sumbayang,

aja ba tauhid sarato iman,

Santoso di dunia jo di akhiraik juo sanang,

lapeh utang mandeh sarato ayah nan ka pulan.

Dibao ribuik dibao angin,

dibao langau dibao pikek,

barih balabeh kok tabungin,

urek tunggang namuah tabukek.

Talau indak jauah dari Padang Alai.

Air sarasah dakek pakubuan.

Kalau indak basatu sajak mulai.

Sangaiklah susah mancapai tujuan.

Barakik2 kaulu…

baranang2 katapian….

Bapacik ka nan ndak tau….

seso badan kamudian.

Ka Sungai limau naik sampan,

Pai ka Piaman taruih ka Pauh ,

Lai bana bausaho sakuek badan,

banyak bana urang nan indak namuah.

Ikhlas itu hiasan hati …

Pelukis semua tindakan dan gerak ..

Ikhlas ada karena keyakinan ..

Tidak mendua kapada Allah Azza wa Jalla ..

HANYA DIA saja tempat berlindung ..

DIA pula tempat meminta …

DIA pula tempat bernaung ..

DIA adalah segala galanya. ..

Dari DIA semua ini ada …

Kepada DIA semua ini akan kembali ..

Dengan keyakinan itu IKHLAS akan tumbuh ..

Tidak mungkin ikhlas lahir dari bathin yang gersang ..

Tidak mungkin Ikhlas lari dari mengingati Allah Subhanahu wa Ta’ala

Insyaallah …

Amin.

Koto Baru tapek bakumpua urang di hari pakan,

talataknyo tinggi di pinggang bukik,

Basusah-susah bana kito mambari masukan,

Kalau hati alah indak namuah memang sulik.

Baduo batigo pantun sairiang,

dibuek dek urang Minang.

Kok carito taruih tagaiang,

bilo lah hiduik akan bisa tanang.

Dari Medan taruih ka Padang Sidempuan,

Silek tuo miliak urang Kumango,

Sulit memang untuk mancapai tujuan,

Kalau tekad jo kemauan nan indak dipunyo.

Kayu Aro kabun tehnyo indak bapaga,

manjalo ikan haruih tekun jo saba,

supayo hiduik bisa tanang jo bahagia,

bakarajolah salagi bisa karano Allah Ta’ala.

Batiak cimangko tangah padang,

Masak baparam dalam paneh,

Itiak jo anso nan baranang,

Baa kok ayam mati lameh?

Ilia barago,

mudiak basenggan.

Disangko galeh lai balabo,

kironyo pokok nan tamakan.

Kabau den nan panjang tanduak,

Nan bakabek sambilan tali,

Adiak den nan panjang abuak,

Nan minyak di tangan kami.

Apo dirandang di kuali,

Padi sipuluik tulang ladang,

Apo diarok pado kami,

Ameh tidak banso pun kurang.

Bulan tabik bintang bacahayo,

Turun gagak makan padi den,

Singgah mamakan padi Jambi,

Kok tolan indak picayo,

Tariak rencong balah dado den,

Manyilau jantuang putiah hati.

Kain ameh deta kasumbo,

Sarawa guntiang ‘rang Batawi,

Jaiktan Sutan Kampuang Perak,

Dijaik sadang tangah hari,

Iliakan pasia Kampuang Lato,

Singgah ka rumah jurumudi,

Batang ameh rantiang suaso,

Buahnyo intan dengan pudi,

Pucuak dihuni buruang merak,

Urek dilingka nago sati,

Pipik nak inggok ka rantiangnyo,

Lai ko raso ka manjadi?

Babelok aia di Mingkudu,

Babelok lalu diganangkan,

Ijuak panyaga kulik manih,

Samak rimbonyo padi Jambi,

Tagah dek pandai malatokan,

Ka Puruih pandan manjarami,

Tidak patuik tolan baitu,

Diguyu lalu digamangkan,

Dipujuak lalu dipatangih,

Sangaik taibo hati kami,

Taga dek pandai mangatokan,

Kuruihlah badan maidok’i.

Garudo tabang ateh langik

Manyosoh lalu ka balimbiang

Nampak nan dari Bangkahulu

Iyo santiang nyo aka rangik

Manyasok darah dalam dagiang

Alah padiah sajo mangkonyo tau….

Indak dapek sarimpang padi

Batuang dibalah ka paraku

Indak dapek bakandak hati

Kahandak Allah juo nan balaku

Rabu dirandang dikuali

Dimakan dek urang rantau

Usah tolan baibo ati

Bari pangaja ka nan ndak tau

Pai bajalan diari akaik

Naiak oto sarek jo mingkudu

Kok ndak namuah tau diadaik

Ka sia badan ka mangadu

Urang Padang nak ka Kuraitaji.

Singgah ka pasa mambali lumpia.

Dima tokok indak ka babunyi

Barang baru baa kok batumpia.

Buang siriah buang bidak,

buang puluik buang tingkalang,

Kato nan bana dipatidak,

sandi iman nan nyato kurang.

Mengapa harus mempelajari tambo ? Tambo berbeda dengan sejarah.

Sampai kini belum ada di dalam perbendaharaan kalimat bahasa kita

dendam tambo, akan tetapi sebaliknya, banyak diantara kita yang

menderita dendam sejarah yang tidak bisa dihilangkan begitu saja pada

diri orang secara peribadi maupun kelompok, meskipun ajaran agama

mengajarkan untuk tidak mendendam !

Kalau manusia membutuhkan sejarah untuk diambil hikmah dari catatan

yang bersifat kuantitatif dan objektif yang diperiksa dari peristiwa-peristiwa

masa lalunya, maka tambo pun bisa diambil hikmahnya dari perasaan

orang/sekelompok orang terhadap budaya masa-lalunya, yang nilainya

bersifat kualitatif dan subjektif

Hal inilah yang dipesankan oleh nenek moyang, agar manusia di dalam

hidup di dunia memakai raso (rasa) dengan pereso (periksa) atau raso

dibawa naik ke atas (dari hati ke otak kanan) dan pareso dibawa turun (dari

otak kiri ke pancaindera.)

Oleh sebab itu jagalah pertumbuhan dan perkembangan otak dengan

makanan bergizi untuk memahami hakikat yang terkandung di dalam tambo

ini.

Tambo Adat MinangKabau:

Tahu di nan Empat, Paham pada Cupak nan Dua, yakin kepada yang Esa

– Adapun waris yang diterima, berupa pesan orang tua-tua dahulunya:

Nan sebaris berpantang hilang, setapak berpantang lupa.

Kalau hilang nan sebaris, kepada guru coba tanyakan.

Kalau lupa yang setapak, carilah tunggul bekas tebangannya.

– Tahu di nan 4 macam adat

1. Adat yang sebenarnya adat

2. Adat yang diadatkan

3. Adat yang teradat

4. Adat istiadat

Menurut Ensiklopedi Indonesia, adat disebut juga urf atau sesuatu yang

dikenal, diketahui dan diulang-ulang serta menjadi kebiasaan di dalam

masyarakat.

Dilihat dari ajaran Islam, adat itu ada yang baik dan ada pula yang buruk.

Adat yang buruk contohnya menyuguhkan minuman keras kepada tamu-

tamu di dalam pesta. Bagi umat Islam, adat dapat menjadi sumber hukum

apabila memenuhi tiga persyaratan yaitu:

1. Tidak berlawanan dengan dalil yang tegas dalam Alquran atau hadis yang

shahih.

2. Telah menjadi kebiasaan yang terus menerus berlaku dalam masyarakat.

3. Menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya.

Hadis dari Ibnu Abbas: “Apa yang dipandang baik oleh orang-orang Islam,

maka pada sisi Allah juga baik.

Berbeda dengan terminologi Islam, bagi orang Minang adat itu baik

semuanya. Orang Minang akan marah bila disebut tak beradat.

Pada waktu hukum adat masih dipegang teguh maka anggota masyarakat

yang melanggar adat akan dihukum dengan cara dicemooh dan dikucilkan.

Pertama – Adat yang sebenarnya adat.

Adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan, dipindah tidak

layu, dibasuh habis air.

Artinya, semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak

akan berubah, contohnya hutan gundul menjadi penyebab banjir, kejahatan

pasti akan mendapat hukuman, kebaikan akan membuahkan kebahagiaan,

dan seterusnya.

Kedua – Adat yang diadatkan.

Ialah semua ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat.

Ketentuan-ketentuan ini dikodifikasikan oleh Datuk Nan Duo berdasarkan

sifat benda-benda di alam.

Gunanya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dalam hal ketertiban,

perekonomian, dan sosial budaya.

Yang lumpuh penunggu rumah, yang kuat pengangkat beban, yang pandai

lawan bicara atau The right man on the right place.

Yang tua dihormati

Yang kecil disayangi

Sama-sebaya ajak berkawan

Cerdik jangan menjual

Gadang jangan melindas

Tukang yang tidak membuang kayu

Yang bengkok untuk bajak

Yang lurus untuk tangkai sapu

Penarahan (limbah) untuk kayu bakar

Ketiga – Adat yang teradat

Iaitu aturan yang terbentuk berdasarkan musyawarah.

Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda

dengan kelompok masyarakat lainnya.

Perubahan aturan juga dimungkinkan berdasarkan musyawarah Bulat air

karena (pem)buluh, bulat kata karena mufakat.

Sarana untuk melaksanakan musyawarah di ranah Minang disebut

Kerapatan Adat Negari (KAN).

Kelompok masyarakat Minangkabau di perantauan ada yang membuat

aturan bersama dalam pelaksanaan pesta perkawinan, acara kematian,

perekonomian dan sebagainya.

Semua aturan ini bisa berubah ibarat tanaman, patah tumbuh hilang

berganti.

Keempat – Adat-istiadat.

Merupakan kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat ketika

melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olah raga, dsb.

Terwujudnya adat-istiadat ini diibaratkan menanam tumbuhan yang tidak

terlalu kuat pohonnya seperti kacang panjang dan lada, gadangnyo diambak

tingginya dianjuang.

Kacang panjang atau lada menjadi kuat batangnya hanya jika tanah di

sekitarnya selalu (digemburkan) sehingga kandungan oksigen dalam tanah

lebih banyak dan akarnya mudah menembus tanah.

Pohon dapat berdiri tegak dan makin tinggi jika diberi kayu anjungan.

Pada saat orang lupa mengambak dan mengajung, maka tumbuhan menjadi

kerdil atau mati sama sekali.

Demikian pula pelaksanaan adat-istiadat ini di tengah-tengah masyarakat.

Catatan :

A- Dua yang tersebut di atas yaitu adat yang sebenarnya adat dan adat

yang diadatkan merupakan adat yang berbuhul (ikatan) mati, sepanjang

zaman tidak dapat diubah, tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan.

Dalam percakapan sehari-hari disebut sebagai adat.

B- Adat yang teradat dan adat-istiadat merupakan adat yang berbuhul

sentak (longgar ikatannya), dapat berubah-ubah dan disebut sebagai

istiadat.

Menurut definisi tersebut maka ilmu pengetahuan moden dapat

digolongkan ke dalam kelompok A; yaitu sebagai adat di dunia.

Lain padang lain belalang

Lain daerah lain adatnya

Agar manusia tidak jalang

Adat nan empat harus punya

Adat orang berbudi tinggi

Ke lurah sama menurun

Ke bukit sama mendaki

Ketika terlentang menjilat embun

Warisan diterima, lembaga diisi atau

You must receive the legacies, and you must have a system.

Bila tidak dijalankan ….

– Sarupo batang kayu, ka ateh indak bapucuak, di bawah indak ba urek, di

tangah-tangah digiriek kumbang pulo.

Wassalaam HMA

Tinggalkan komentar