Adaik dunia baleh mambaleh,
adaik tapuak jawek manjawek,
sipaik dubalang kok tapakai,
banyak rakyaik kama upek.
Biasokan anak-anak jo sumbayang,
aja batauhid sarato iman,
Santoso dunia di akhiraik juo sanang,
lapeh utang mandeh jo ayah nan ka bajalan.
Dibao ribuik dibao angin,
dibao langau dibao pikek,
barih balabeh kok tabungin,
urek tunggang namuah tabukek.
Biduak didayuang manantang ombak,
laia dikambang manantang angin,
nakodoh nan awas dikamudi,
padoman nan usah dilapehkan.
Usah tajadi .. “‘AIA GADANG SAMPAN TAK ANYUIK’.” … Akhirnya,
barangsiapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah, pasti Allah akan
memperbaiki keadaannya, pasangan hidupnya, keluarganya dan anak
turunannya.
Karena Allah Subhanahu Wata’ala berfirman : “ Barangsiapa yang bertaqwa
kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.” (QS. At-
Thalaq :2). Sairieng dengan itu Wahyu Allah menyambung dengan peringatan
berikut ; “ Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah
menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. At-Thalaq :4)
Pesan Allah ini amatlah jelas, “Bertakwalah kepada Allah Subhanahu
Wata’ala” dan “jangan gegabah dalam urusan” termasuk dalam “ber-kasih
sayang berumah tangga dan beranak pinak”..
Karena boleh jadi sesudah itu Allah akan mengadakan sesuatu yang baru.
Jika ada saran untuk mengatasi hal yang terangkum dalam menghindari
segala sesuatu yang bisa menjadi pemicu berkurangnya kasih sayang atau
berbedanya tanggung jawab kedua orang tua nya sebagaimana disebutkan
sebelumnya, maka para ulama dan tokoh masyarakat di setiap desa dan
kota, kerabat dan keluarga besar harus bekerja keras untuk mengatasi
konflik di tengah tengah rumah tangga tersebut melalui lembaga-lembaga
pendamai yang berwenang dan beranggotakan orang-orang yang disegani
dan dihormati dimasyarakatnya, dan senantiasa menjaga ibadahnya kepada
Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga setiap orang yang menghadapi
masalah seperti ini bisa memohon nasihat ke sana.
Dengan demikian diharapkan kasus-kasus ‘AIA GADANG SAMPAN TAK
ANYUIK’. semacam ini bisa berkurang, dengan izin Allah jua. Yang jelas
BERANAK TENTU TIDAK SAMA DENGAN BERTERANAK ….
Ungkapan kearifan bahasa Minangkabau ini memang memiliki pandangan
yang jauh meretas sanubari orang orang yang menghadapi masalah dalam
hidupnya.
Dibao ribuik dibao angin,
dibao langau dibao pikek,
barih balabeh kok tabungin,
urek tunggang namuah tabukek.
Karena boleh jadi sesudah itu Allah akan mengadakan sesuatu yang baru.
Jika ada saran untuk mengatasi hal yang terangkum dalam menghindari
segala sesuatu yang bisa menjadi pemicu berkurangnya kasih sayang atau
berbedanya tanggung jawab kedua orang tua nya sebagaimana disebutkan
sebelumnya, maka para ulama dan tokoh masyarakat di setiap desa dan
kota, kerabat dan keluarga besar harus bekerja keras untuk mengatasi
konflik di tengah tengah rumah tangga tersebut melalui lembaga-lembaga
pendamai yang berwenang dan beranggotakan orang-orang yang disegani
dan dihormati dimasyarakatnya, dan senantiasa menjaga ibadahnya
kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga setiap orang yang
menghadapi masalah seperti ini bisa memohon nasihat ke sana. Dengan
demikian diharapkan kasus-kasus semacam ini bisa berkurang, dengan izin
Allah jua.
Dunsanak sadono ….
Biasokan anak-anak jo sumbayang,
aja ba tauhid sarato iman,
Santoso di dunia jo di akhiraik juo sanang,
lapeh utang mandeh sarato ayah nan ka pulan.
Dibao ribuik dibao angin,
dibao langau dibao pikek,
barih balabeh kok tabungin,
urek tunggang namuah tabukek.
Talau indak jauah dari Padang Alai.
Air sarasah dakek pakubuan.
Kalau indak basatu sajak mulai.
Sangaiklah susah mancapai tujuan.
Barakik2 kaulu…
baranang2 katapian….
Bapacik ka nan ndak tau….
seso badan kamudian.
Ka Sungai limau naik sampan,
Pai ka Piaman taruih ka Pauh ,
Lai bana bausaho sakuek badan,
banyak bana urang nan indak namuah.
Ikhlas itu hiasan hati …
Pelukis semua tindakan dan gerak ..
Ikhlas ada karena keyakinan ..
Tidak mendua kapada Allah Azza wa Jalla ..
HANYA DIA saja tempat berlindung ..
DIA pula tempat meminta …
DIA pula tempat bernaung ..
DIA adalah segala galanya. ..
Dari DIA semua ini ada …
Kepada DIA semua ini akan kembali ..
Dengan keyakinan itu IKHLAS akan tumbuh ..
Tidak mungkin ikhlas lahir dari bathin yang gersang ..
Tidak mungkin Ikhlas lari dari mengingati Allah Subhanahu wa Ta’ala
Insyaallah …
Amin.
Koto Baru tapek bakumpua urang di hari pakan,
talataknyo tinggi di pinggang bukik,
Basusah-susah bana kito mambari masukan,
Kalau hati alah indak namuah memang sulik.
Baduo batigo pantun sairiang,
dibuek dek urang Minang.
Kok carito taruih tagaiang,
bilo lah hiduik akan bisa tanang.
Dari Medan taruih ka Padang Sidempuan,
Silek tuo miliak urang Kumango,
Sulit memang untuk mancapai tujuan,
Kalau tekad jo kemauan nan indak dipunyo.
Kayu Aro kabun tehnyo indak bapaga,
manjalo ikan haruih tekun jo saba,
supayo hiduik bisa tanang jo bahagia,
bakarajolah salagi bisa karano Allah Ta’ala.
Batiak cimangko tangah padang,
Masak baparam dalam paneh,
Itiak jo anso nan baranang,
Baa kok ayam mati lameh?
Ilia barago,
mudiak basenggan.
Disangko galeh lai balabo,
kironyo pokok nan tamakan.
Kabau den nan panjang tanduak,
Nan bakabek sambilan tali,
Adiak den nan panjang abuak,
Nan minyak di tangan kami.
Apo dirandang di kuali,
Padi sipuluik tulang ladang,
Apo diarok pado kami,
Ameh tidak banso pun kurang.
Bulan tabik bintang bacahayo,
Turun gagak makan padi den,
Singgah mamakan padi Jambi,
Kok tolan indak picayo,
Tariak rencong balah dado den,
Manyilau jantuang putiah hati.
Kain ameh deta kasumbo,
Sarawa guntiang ‘rang Batawi,
Jaiktan Sutan Kampuang Perak,
Dijaik sadang tangah hari,
Iliakan pasia Kampuang Lato,
Singgah ka rumah jurumudi,
Batang ameh rantiang suaso,
Buahnyo intan dengan pudi,
Pucuak dihuni buruang merak,
Urek dilingka nago sati,
Pipik nak inggok ka rantiangnyo,
Lai ko raso ka manjadi?
Babelok aia di Mingkudu,
Babelok lalu diganangkan,
Ijuak panyaga kulik manih,
Samak rimbonyo padi Jambi,
Tagah dek pandai malatokan,
Ka Puruih pandan manjarami,
Tidak patuik tolan baitu,
Diguyu lalu digamangkan,
Dipujuak lalu dipatangih,
Sangaik taibo hati kami,
Taga dek pandai mangatokan,
Kuruihlah badan maidok’i.
Garudo tabang ateh langik
Manyosoh lalu ka balimbiang
Nampak nan dari Bangkahulu
Iyo santiang nyo aka rangik
Manyasok darah dalam dagiang
Alah padiah sajo mangkonyo tau….
Indak dapek sarimpang padi
Batuang dibalah ka paraku
Indak dapek bakandak hati
Kahandak Allah juo nan balaku
Rabu dirandang dikuali
Dimakan dek urang rantau
Usah tolan baibo ati
Bari pangaja ka nan ndak tau
Pai bajalan diari akaik
Naiak oto sarek jo mingkudu
Kok ndak namuah tau diadaik
Ka sia badan ka mangadu
Urang Padang nak ka Kuraitaji.
Singgah ka pasa mambali lumpia.
Dima tokok indak ka babunyi
Barang baru baa kok batumpia.
Buang siriah buang bidak,
buang puluik buang tingkalang,
Kato nan bana dipatidak,
sandi iman nan nyato kurang.
Mengapa harus mempelajari tambo ? Tambo berbeda dengan sejarah.
Sampai kini belum ada di dalam perbendaharaan kalimat bahasa kita
dendam tambo, akan tetapi sebaliknya, banyak diantara kita yang
menderita dendam sejarah yang tidak bisa dihilangkan begitu saja pada
diri orang secara peribadi maupun kelompok, meskipun ajaran agama
mengajarkan untuk tidak mendendam !
Kalau manusia membutuhkan sejarah untuk diambil hikmah dari catatan
yang bersifat kuantitatif dan objektif yang diperiksa dari peristiwa-peristiwa
masa lalunya, maka tambo pun bisa diambil hikmahnya dari perasaan
orang/sekelompok orang terhadap budaya masa-lalunya, yang nilainya
bersifat kualitatif dan subjektif
Hal inilah yang dipesankan oleh nenek moyang, agar manusia di dalam
hidup di dunia memakai raso (rasa) dengan pereso (periksa) atau raso
dibawa naik ke atas (dari hati ke otak kanan) dan pareso dibawa turun (dari
otak kiri ke pancaindera.)
Oleh sebab itu jagalah pertumbuhan dan perkembangan otak dengan
makanan bergizi untuk memahami hakikat yang terkandung di dalam tambo
ini.
Tambo Adat MinangKabau:
– Tahu di nan Empat, Paham pada Cupak nan Dua, yakin kepada yang Esa
– Adapun waris yang diterima, berupa pesan orang tua-tua dahulunya:
Nan sebaris berpantang hilang, setapak berpantang lupa.
Kalau hilang nan sebaris, kepada guru coba tanyakan.
Kalau lupa yang setapak, carilah tunggul bekas tebangannya.
– Tahu di nan 4 macam adat
1. Adat yang sebenarnya adat
2. Adat yang diadatkan
3. Adat yang teradat
4. Adat istiadat
Menurut Ensiklopedi Indonesia, adat disebut juga urf atau sesuatu yang
dikenal, diketahui dan diulang-ulang serta menjadi kebiasaan di dalam
masyarakat.
Dilihat dari ajaran Islam, adat itu ada yang baik dan ada pula yang buruk.
Adat yang buruk contohnya menyuguhkan minuman keras kepada tamu-
tamu di dalam pesta. Bagi umat Islam, adat dapat menjadi sumber hukum
apabila memenuhi tiga persyaratan yaitu:
1. Tidak berlawanan dengan dalil yang tegas dalam Alquran atau hadis yang
shahih.
2. Telah menjadi kebiasaan yang terus menerus berlaku dalam masyarakat.
3. Menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya.
Hadis dari Ibnu Abbas: “Apa yang dipandang baik oleh orang-orang Islam,
maka pada sisi Allah juga baik.
Berbeda dengan terminologi Islam, bagi orang Minang adat itu baik
semuanya. Orang Minang akan marah bila disebut tak beradat.
Pada waktu hukum adat masih dipegang teguh maka anggota masyarakat
yang melanggar adat akan dihukum dengan cara dicemooh dan dikucilkan.
Pertama – Adat yang sebenarnya adat.
Adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan, dipindah tidak
layu, dibasuh habis air.
Artinya, semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak
akan berubah, contohnya hutan gundul menjadi penyebab banjir, kejahatan
pasti akan mendapat hukuman, kebaikan akan membuahkan kebahagiaan,
dan seterusnya.
Kedua – Adat yang diadatkan.
Ialah semua ketentuan yang berlaku di dalam masyarakat.
Ketentuan-ketentuan ini dikodifikasikan oleh Datuk Nan Duo berdasarkan
sifat benda-benda di alam.
Gunanya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat dalam hal ketertiban,
perekonomian, dan sosial budaya.
Yang lumpuh penunggu rumah, yang kuat pengangkat beban, yang pandai
lawan bicara atau The right man on the right place.
Yang tua dihormati
Yang kecil disayangi
Sama-sebaya ajak berkawan
Cerdik jangan menjual
Gadang jangan melindas
Tukang yang tidak membuang kayu
Yang bengkok untuk bajak
Yang lurus untuk tangkai sapu
Penarahan (limbah) untuk kayu bakar
Ketiga – Adat yang teradat
Iaitu aturan yang terbentuk berdasarkan musyawarah.
Setiap kelompok masyarakat memiliki aturan dan tata cara yang berbeda
dengan kelompok masyarakat lainnya.
Perubahan aturan juga dimungkinkan berdasarkan musyawarah Bulat air
karena (pem)buluh, bulat kata karena mufakat.
Sarana untuk melaksanakan musyawarah di ranah Minang disebut
Kerapatan Adat Negari (KAN).
Kelompok masyarakat Minangkabau di perantauan ada yang membuat
aturan bersama dalam pelaksanaan pesta perkawinan, acara kematian,
perekonomian dan sebagainya.
Semua aturan ini bisa berubah ibarat tanaman, patah tumbuh hilang
berganti.
Keempat – Adat-istiadat.
Merupakan kebiasaan atau kesukaan masyarakat setempat ketika
melaksanakan pesta, berkesenian, hiburan, berpakaian, olah raga, dsb.
Terwujudnya adat-istiadat ini diibaratkan menanam tumbuhan yang tidak
terlalu kuat pohonnya seperti kacang panjang dan lada, gadangnyo diambak
tingginya dianjuang.
Kacang panjang atau lada menjadi kuat batangnya hanya jika tanah di
sekitarnya selalu (digemburkan) sehingga kandungan oksigen dalam tanah
lebih banyak dan akarnya mudah menembus tanah.
Pohon dapat berdiri tegak dan makin tinggi jika diberi kayu anjungan.
Pada saat orang lupa mengambak dan mengajung, maka tumbuhan menjadi
kerdil atau mati sama sekali.
Demikian pula pelaksanaan adat-istiadat ini di tengah-tengah masyarakat.
Catatan :
A- Dua yang tersebut di atas yaitu adat yang sebenarnya adat dan adat
yang diadatkan merupakan adat yang berbuhul (ikatan) mati, sepanjang
zaman tidak dapat diubah, tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan.
Dalam percakapan sehari-hari disebut sebagai adat.
B- Adat yang teradat dan adat-istiadat merupakan adat yang berbuhul
sentak (longgar ikatannya), dapat berubah-ubah dan disebut sebagai
istiadat.
Menurut definisi tersebut maka ilmu pengetahuan moden dapat
digolongkan ke dalam kelompok A; yaitu sebagai adat di dunia.
Lain padang lain belalang
Lain daerah lain adatnya
Agar manusia tidak jalang
Adat nan empat harus punya
Adat orang berbudi tinggi
Ke lurah sama menurun
Ke bukit sama mendaki
Ketika terlentang menjilat embun
Warisan diterima, lembaga diisi atau
You must receive the legacies, and you must have a system.
Bila tidak dijalankan ….
– Sarupo batang kayu, ka ateh indak bapucuak, di bawah indak ba urek, di
tangah-tangah digiriek kumbang pulo.
Wassalaam HMA